Foto © https://unsplash.com/@naels

Kontribusi

Sikula ID - Kamis, 30 November 2017

Pendidikan tidak akan berubah ke arah yang lebih baik jika Anda diam saja. Sampaikan suara Anda kepada masyarakat melalui Sikula.id.

Naskah harap dikirim dalam bentuk lampiran (attachment) ke alamat sikulaid@gmail.com dengan subjek surel (email):

(artikel/ galeri/ video)_(nama pengirim)_(judul kiriman)

Jika Anda mengirimkan naskah untuk pertama kalinya, harap menyertakan biografi singkat, alamat surat-menyurat (pos), nomor rekening bank, foto wajah, pindaian kartu identitas (boleh KTP, KTS, KTM, dan sebagainya), dan nomor ponsel atau telepon.

Saat ini, kami belum menyediakan honorarium bagi penulis.

Beberapa jenis konten yang kami terima:

1). Artikel

Esai, wawancara, dan liputan yang bertema pendidikan.

Kami mengharapkan tulisan dengan jumlah kata paling tidak 750 kata, ukuran huruf (font) 12, dan spasi 2.0 (ganda).

Jika mengutip pendapat, penelitian, atau data mohon untuk menyertakan sumbernya.

2). Galeri

Foto, komik strip, dan karikatur yang memuat laporan kejadian, imbauan, dan kritik bertema pendidikan.

Kiriman foto dapat berjumlah lebih dari satu. Setiap foto mesti memiliki penjelasan peristiwa. Kami lebih menyukai bila foto-foto tersebut disajikan dalam bentuk esai foto.

Komik strip berukuran maksimal empat kolom. Sementara karikatur berukuran 1 (satu) kertas A4. Boleh digambar dalam posisi berdiri (portrait) atau membentang (landscape). Jika digambar di kertas, harap melakukan pemindaian (scanning) terlebih dahulu. Andaikata pengirim membutuhkan bantuan dalam pemindaian, silakan menghubungi redaksi.

3). Video

Liputan, lagu, drama, tari, musikalisasi puisi, yang mengandung narasi bertema pendidikan.

Konten harus diunggah (upload) dulu ke Youtube, sebelum tautan (link URL) dikirim kepada redaksi. Kami tidak membatasi durasi video. 

Setiap kiriman artikel, galeri, dan video akan kami periksa muatan dan kemungkinan plagiat dalam waktu paling lambat tiga hari. Redaksi akan mengabari pengirim apakah karyanya diterima, diterima dengan pengayaan, atau ditolak.

Setiap kiriman tetap menjadi hak milik pengirim, namun kami berharap jika Anda ingin menayangkan atau mengirimkan ulang ke media lain, paling tidak menunggu tiga hari setelah naskah tayang di Sikula.id. Jangan lupa untuk menuliskan sumber, baik nama Anda sendiri sebagai pemilik karya, maupun situs Sikula.id.

Sikula.id akan selalu menjadi situs gratis bagi masyarakat. Untuk mendukung kami, selain dengan kiriman konten, Anda dapat membeli buku di Toko Buku KaNal, atau mengirimkan donasi ke nomor rekening:

Bank Rakyat Indonesia

Nama akun: Muhammad Haekal

Nomor rekening: 0417-01-017842-50-7

Terima kasih telah menjadi bagian dalam mewujudkan pendidikan yang lebih baik. Tabik.

KLIK UNTUK DONASI

Anda dapat melakukan konfirmasi pembayaran apabila telah melakukan donasi di:

KONFIMASI DONASI